Pages

Rabu, 27 Februari 2013

KANDANG AYAM KAMPUNG



Bagi anda yang hendak beternak ayam kampung, ada beberapa syarat utama yang harus anda penuhi sebelum beternak ayam kampung, salah satunya adalah ketersediaan kandang yang layak huni bagi peliharaan kita yang satu ini.

Berikut saya kupas satu persatu jenis kandang ayam yang saya ketahui, yang mungkin cocok untuk anda bangun untuk ayam kesayangan anda :

1. Kandang tipe rent


KAndang jenis ini, dapat diumpamakan sebagai "rumah yang punya halaman" , ayam anda bisa dengan lebih bebas berkeliaraan di "halaman" kandangnya. Anda bisa memakai batas pagar setinggi 1,2-2 meter untuk mencegah ayam anda kabur keluar kandang.
Kandang tipe ini punya beberapa kelebihan, diantaranya:
  1. Ayam bisa terkena sinar matahari secara langsung, sehingga pertumbuhan lebih optimal
  2. Lebih mudah dalam membersihkan kandang, karena di area terbuka, anda tidak perlu memakai sekam untuk menjaga kebersihan kandang, cukup disapu pada sore hari saat ayam anda sudah masuk kandang
  3. Ayam bisa bergerak lebih leluasa, sehingga tidak mudah stres
Namun, a kekurangan dari jenis kandang ini, adalah butuh lahan yang lebih luas untuk halamannya

2. Kandang Jenis Postal Litter
Kandang ini adalah kandang yang paling umum digunakan oleh para peternak, karena murah, tidak memerlukan lahan yang luas, efisien, dan mudah dibersihkan, meski tidak semudah kandang jenis rent.
Kekurangan kandang ini adalah, ayam tidak bisa bergerak bebas dan terkena sinar matahari secara langsung, sehingga butuh asupan gizi lebih untuk menunjang pertumbuhannya. Selain itu, anda harus menyiapkan sekam sebagai alas, agar kotoran mudah dibersihkan

3. kandang Battery
Kandang ini merupakan kandang modern yang tidak butuh lahan luas, namun ayam anda akan kurang bergerak karena tempat yang terlalu sempit.

Itulah bebrapa jenis kandang yang mungkin bisa anda gunakan di rumah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar